Manusia Hobbit di Flores yang Bikin Dunia Terkesima

Manusia Hobbit di Flores yang Bikin Dunia Terkesima

Hi kawan kembali lagi di Duniacerpen, kali ini akan menceritakan tentang manusia hobbit di Flores yang bikin dunia terkesima

Manusia Hobbit

Manusia Hobbit di Flores

 

Hobbit, manusia bertubuh kecil seperti dalam karya fantasi J.R.R Tolkien atau mirip tokoh kerdil dalam film ‘Lord of The Ring’, Frodo Baggins ternyata tak sepenuhnya fiktif. Salah satu buktinya ada di negeri kita sendiri.

Tokoh-tokoh hobbit seperti Frodo Baggins juga Sam Gamgee memiliki tubuh pendek, jauh di bawah manusia umumnya. Namun sepertinya keberadaan hobbit bukan sekadar kisah rekaan Tolkien.

Baca Juga : INDOPK.COM  Agen Poker Online dan Bandar Ceme Terbaik dan Terpercaya

Sebuah gua di Pulau Flores, Liang Bua menguak eksistensi manusia hobbit, yang ukurannya mini, jauh lebih kecil dari manusia kebanyakan. Nama ilmiahnya, Homo floresiensis.

Homo Floresiensis punya tubuh mini serupa Hobbit kita temukan di Flores. Temuan kerangka dengan tubuh mini ini terjadi pada 2001 oleh sejumlah pakar antropolog Australia dan Indonesia. Mereka lantas menjuluki kerangka manusia purba ini sebagai hobbit.

Penemuannya menjadi berita utama hampir satu dekade lalu dan terus menjadi kontroversi hingga saat ini. Agen Poker Online

Penemuan fosil ‘hobbit’ di Liang Bua, sebuah gua kapur di Flores, sekitar tahun 2003.

Jatmiko, peneliti utama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang saat itu turut dalam riset berkata satu kerangka yang terbilang utuh mereka temukan di kedalaman hampir 6 meter di situs Liang Bua, Flores. INDOPK

Kerangka ini menarik lantaran bagian kepala cuma sebesar jeruk Bali. Volume otak, lanjut dia, sekitar 125 cc, jauh lebih kecil dari volume otak manusia sebesar 1.300 cc.

Sedangkan setelah mereka rangkai, tingginya hanya sekitar 100 sentimeter. Terbilang pendek untuk ukuran manusia umumnya sekitar 160-170 centimeter.

Baca Juga : Lotto03.com Bandar Togel Online Terbesar & Terpercaya

Selain fosil tersebut, di Liang Bua juga mereka temukan fosil tikus raksasa sebesar kucing, gajah kerdil yang kita sebut stegodon, dan fosil Komodo, yang masih ada di beberapa wilayah Flores.

Selain itu juga menemukan alat-alat yang terbuat dari batu, sama halnya yang manusia purba Homo erectus pakai. Hanya, alat yang mereka temukan di Liang Bua berukuran jauh lebih mini.

Fosil wanita yang mereka temukan di Liang Bua itu lantas sebagai spesies manusia baru, Homo floresiensis ‘alias manusia dari Flores’. Namun, penyebutan fosil sebagai manusia baru itu masih menuai kontroversi.

 

Link Alternatif Daftar & Login Indopk | INDOPK.COM  Agen poker Online dan Bandar Ceme Terpercaya dan Terbaik Di Indonesia

 

Promo INDOPK

<> Event Lomba Turn Over Bulanan ( Berhadiah Ratusan Juta Rupiah )

<> Hadiah Kartu Jackpot

<> New Member 10% ( Minimal Deposit 25.000 )

<> CashBack 0.5%  ( Setiap Hari Rabu )

<> Bonus Referral 20% ( Seumur Hidup )

<> Bonus Jackpot Jutaan Rupiah Disetiap Harinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *