Istana Kantor, Lokasi Wisata yang penuh nilai sejarah

 

Hai sobat Maingame88 semuanya. Pada kali ini kita akan membahas bersama tentang Istana Kantor, Lokasi Wisata yang penuh nilai sejarah. Istana Kantor merupakan tempat wisata milik Kepulauan Riau yang menyimpan banyak sejarah untuk Anda ketahui dan pelajari. Dengan sejarah yang ada pada Istana Kantor yang berasal dari kerajaan Riau ini,sehingga mampu menarik banyak minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Baca juga : Lotto03.com Bandar Togel Online Terbesar & Terpercaya

Istana Kantor merupakan situs peninggalan sejarah yang akan dikembangkan oleh pemerintah untuk menarik wisatawan dengan mengandalkan wisata sejarah dan religi yang ada pada pulau tersebut. Istana Kantor merupakan istana milik Yang Pertuan Muda Riau VIII Raja ALI pada tahun 1844 hingga 1857. Banyak yang mengenal Istana Kantor dengan sebutan Mahrum Kantor. Dengan luas yang mencapai 1 hektar, bangunan ini termasuk istana kompleks berfungsi sebagai kediaman dan juga kantor.

Kediaman ini merupakan tempat tinggal dari Raja Ali dan juga berserta kerabatnya. Tak hanya itu istana ini juga berfungsi sebagai kediaman dari bangsawan. Sedangkan pada tahun 1844 istana ini juga berfungsi sebagai kantor dari Raja Ali.

Sebagian dari bangunan yang sudah hancur, dan sebagian masih dalam bentuk bangunan dan puing Lotto03.com yang memperlihatkan kekokohanya. Pintu gerbang dari istana masih berdiri kokoh dengan pagar tembok yang mengelilingi Istana Kantor ditambah dengan menara pengintai. Untuk bangunan utama merupakan bangunan dengan dua tingkat dan menjadi kantor.

Baca juga : INDOPK.COM Agen poker online,Domino QQ dan Bandar Ceme Terbaik & Terpercaya

Bangunan yang berdiri dengan kokoh adalah bangunan utama, bangunan utama dengan dua lantai yang menjadi awal mula kantor Raja Ali. Dari seluruh bangunan hanya dibatasi dengan tembok keliling dengan tiga pintu masuk dari arfa barat, timur dan utara. Sedangkan untuk pintu gapura berfungsi sebagai gapura penjagaan dan pengintaian.

Ketiga pintu masuk akan mengantarkan Anda ke tempat yang berbeda. Pintu gerbang utara akan mengantarkan Anda langsung ke pemandian sedangkan pintu gerbang timur merupakan pintu biasa.

 

 

  • Sejarah berdirinya Istana Kantor

Istana Kantor terletak pada Pulau Penyengat yang merupakan pulau kebanggaan milik Kepulauan Riau,Tanjungpinang. Pulau ini kaya akan situ peninggalan sejarah dari Kerajaan Riau,sehingga pemerintah mengembangkan potensi yang ada pada pulau ini untuk menarik wisatawan agar mengenal Istana Kantor.

Pada tahun 1719 pulau ini menjadi tempat pertahanan untuk Raja Kecil ketika dia akan melawan serangan yang berasal dari Hulu Riau oleh Tengku Sulaiman. Sedangkan pada tahun 1782 hingga 1784 mendirikan benteng untuk mengahadapi serangan dari Belanda.

Tahun 1844 hingga 1857 Istana Kantor menjadi tempat tingga untuk Raja Ali beserta kerabat dan keluarganya dengan sebutan Marhum Kantor. Bangunan yang berdiri kokoh ini merupakan bangunan utama dengan dua lantai yangberfungsi sebagai kantor dari Raja Ali.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *